Selasa, 22 Agustus 2017

Analisis Pengetahuan, Sikap & Tindakan Iklan Provider Indonesia

*another tugas kuliah tahun 2014, dipost demi kebutuhan konten wqwqwq

Smartfren “I Hate Slow” 


Pengetahuan: Melalui iklan ini, konsumen akan mengetahui pentingnya jaringan internet untuk berkomunikasi, fungsi modem atau CDMA pada alat komunikasi, mengetahui pemakaian internet di berbagai situasi, memperoleh informasi tentang dibutuhkannya provider yang anti lelet seperti smartfren dan penggunaan akses internet dapat mengubah mood konsumen. Selain itu, konsumen akan menggunakan  internet untuk mengakses beberapa aplikasi internet atau aplikasi komunikasi dengan jaringan internet baik di jaringan 2G maupun 3G.

Sikap: Ada 2 kemungkinan sikap yang diperlihatkan oleh konsumen terhadap iklan ini, yakni positif dan negatif. Untuk sisi positif, terlihat beberapa bahkan sekumpulan orang yang sukses mengakses di jaringan anti lelet dan mereka merasa bahagia akan hal tersebut. Dalam iklan ini juga terlihat beberapa orang yang saling membantu dalam mengakses internet dengan menggunakan smartfren. Sedangkan sisi negatifnya, konsumen akan menilai bahwa iklan ini mengandung unsur yang kurang baik seperti menghancurkan alat komunikasi disaat jaringan provider yang mereka miliki sedang lelet. Padahal hal tersebut seharusnya tidak dilakukan.

Tindakan: Untuk kebutuhan internet, provider ini layak mendapat konsumen yang banyak dan bisa menjadi rekomendasi dalam hal kecepatan aksesnya. Namun, jika dilihat berdasarkan jangkauan akan sedikit sulit untuk merekomendasikan provider ini.

    XL versi Mawar & Marwan


Pengetahuan: Iklan ini membuat pengguna telepon genggam menjadi lebih aware dan memilih untuk lebih menggunakan provider XL dibandingkan dengan provider lainnya. Hal ini dikarenakan XL menawarkan berbagai kemudahan yang konsumen akan rasakan dalam hal mengakses internet yang cepat dan murah. Provider XL menyediakan tarif super murah yaitu sebesar Rp. 1/KB di hampir semua situs jejaring sosial seperti twitter dan facebook. Salah satu kelebihan provider ini adalah tarifnya yang dapat digunakan selama 24 jam nonstop tanpa batasan waktu, lain halnya dengan provider-provider lain di Indonesia yang umumnya memberi batasan pada tarif murahnya. Selain itu, iklan provider XL ini juga menggambarkan bagaimana luasnya jangkauan internet yang dimilikinya. Dibuktikan dengan terkumpulnya “satu juta mawar” untuk Marwan yang berasal dari berbagai daerah.

Sikap: Meski tidak menggunakan celebrity endorsement, iklan ini tetap mampu menghadirkan sikap positif bagi konsumen sehingga menimbulkan rasa penasaran dan ketertarikan konsumen akan provider ini. Konsumen pun tergerak untuk mencoba dan membuktikan sendiri apakah konten dari iklan tersebut benar atau tidak.

Tindakan: Iklan ini dikemas dengan konsep yang sangat kreatif dan tepat sasaran sehingga konsumen tentu membeli provider ini bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

      Indosat IM3 Play “Soulmate” versi Kangen


Pengetahuan: Iklan tersebut menginformasikan kepada konsumen khususnya anak muda bahwa provider im3 menawarkan paket telepon, bernama paket “Soulmate” yang memberi kepuasaan bagi pelanggan untuk menelepon sepuasnya selama setahun dengan hanya membayar Rp. 10.000,00

Sikap: Konsumen menanggapi iklan tersebut dengan sikap yang positif dikarenakan selain tarif paket yang murah,  iklan paket telepon “Soulmate” ini dikemas dengan konsep yang kreatif sehingga menarik perhatian para konsumen untuk mencoba provider tersebut.

Tindakan: Sikap yang diambil oleh konsumen tentu segera membeli kartu perdana im3 dan mendaftar ke paket “Soulmate” tersebut dengan menekan *123*300#
  
            Simpati Groovy

Pengetahuan: Dengan adanya iklan ini, konsumen dapat mengetahui bahwa kartu simPATI merupakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh Telkomsel. SimPATI dapat digunakan di seluruh Indonesia dengan tarif yang terjangkau dan telepon hemat ke sesama pengguna Telkomsel. SimPATI Groovy memberikan beberapa bonus perdana seperti total bonus 1,2 GB  dan spesial tarif Rp.1500 untuk 5 menit panggilan ke semua operator.

Sikap: Iklan simPATI ini dapat menarik perhatian konsumen dengan fitur-fitur yang ditawarkan sehingga membuat para konsumen ingin mencoba provider tersebut.

Tindakan: Pada akhirnya, konsumen pun membeli dan merekomendasikan provider ini kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar