*another tugas kuliah tahun 2014, dipost demi kebutuhan konten wqwqwq
Smartfren “I Hate Slow”
Smartfren “I Hate Slow”
Pengetahuan:
Melalui iklan ini, konsumen akan mengetahui pentingnya jaringan internet untuk
berkomunikasi, fungsi modem atau CDMA pada alat komunikasi, mengetahui
pemakaian internet di berbagai situasi, memperoleh informasi tentang
dibutuhkannya provider yang anti lelet seperti smartfren dan penggunaan akses
internet dapat mengubah mood konsumen.
Selain itu, konsumen akan menggunakan
internet untuk mengakses beberapa aplikasi internet atau aplikasi
komunikasi dengan jaringan internet baik di jaringan 2G maupun 3G.
Sikap:
Ada 2 kemungkinan sikap yang diperlihatkan oleh konsumen terhadap iklan ini,
yakni positif dan negatif. Untuk sisi positif, terlihat beberapa bahkan
sekumpulan orang yang sukses mengakses di jaringan anti lelet dan mereka merasa
bahagia akan hal tersebut. Dalam iklan ini juga terlihat beberapa orang yang
saling membantu dalam mengakses internet dengan menggunakan smartfren. Sedangkan
sisi negatifnya, konsumen akan menilai bahwa iklan ini mengandung unsur yang
kurang baik seperti menghancurkan alat komunikasi disaat jaringan provider yang
mereka miliki sedang lelet. Padahal hal tersebut seharusnya tidak dilakukan.
Tindakan:
Untuk kebutuhan internet, provider ini layak mendapat konsumen yang banyak dan
bisa menjadi rekomendasi dalam hal kecepatan aksesnya. Namun, jika dilihat
berdasarkan jangkauan akan sedikit sulit untuk merekomendasikan provider ini.
XL versi Mawar & Marwan
Pengetahuan:
Iklan ini membuat pengguna telepon genggam menjadi lebih aware dan memilih
untuk lebih menggunakan provider XL dibandingkan dengan provider lainnya. Hal
ini dikarenakan XL menawarkan berbagai kemudahan yang konsumen akan rasakan
dalam hal mengakses internet yang cepat dan murah. Provider XL menyediakan
tarif super murah yaitu sebesar Rp. 1/KB di hampir semua situs jejaring sosial
seperti twitter dan facebook. Salah satu kelebihan provider ini adalah tarifnya
yang dapat digunakan selama 24 jam nonstop tanpa batasan waktu, lain halnya
dengan provider-provider lain di Indonesia yang umumnya memberi batasan pada
tarif murahnya. Selain itu, iklan provider XL ini juga menggambarkan bagaimana
luasnya jangkauan internet yang dimilikinya. Dibuktikan dengan terkumpulnya
“satu juta mawar” untuk Marwan yang berasal dari berbagai daerah.
Sikap:
Meski tidak menggunakan celebrity endorsement, iklan ini tetap mampu menghadirkan
sikap positif bagi konsumen sehingga menimbulkan rasa penasaran dan ketertarikan
konsumen akan provider ini. Konsumen pun tergerak untuk mencoba dan membuktikan
sendiri apakah konten dari iklan tersebut benar atau tidak.
Tindakan:
Iklan ini dikemas dengan konsep yang sangat kreatif dan tepat sasaran sehingga
konsumen tentu membeli provider ini bahkan merekomendasikannya kepada orang
lain.
Indosat IM3 Play “Soulmate” versi Kangen
Pengetahuan:
Iklan tersebut menginformasikan kepada konsumen khususnya anak muda bahwa
provider im3 menawarkan paket telepon, bernama paket “Soulmate” yang memberi
kepuasaan bagi pelanggan untuk menelepon sepuasnya selama setahun dengan hanya
membayar Rp. 10.000,00
Sikap:
Konsumen menanggapi iklan tersebut dengan sikap yang positif dikarenakan selain
tarif paket yang murah, iklan paket telepon
“Soulmate” ini dikemas dengan konsep yang kreatif sehingga menarik perhatian
para konsumen untuk mencoba provider tersebut.
Tindakan:
Sikap yang diambil oleh konsumen tentu segera membeli kartu perdana im3 dan
mendaftar ke paket “Soulmate” tersebut dengan menekan *123*300#
Simpati Groovy
Pengetahuan:
Dengan adanya iklan ini, konsumen dapat mengetahui bahwa kartu simPATI
merupakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh Telkomsel. SimPATI dapat
digunakan di seluruh Indonesia dengan tarif yang terjangkau dan telepon hemat
ke sesama pengguna Telkomsel. SimPATI Groovy memberikan beberapa bonus perdana
seperti total bonus 1,2 GB dan spesial
tarif Rp.1500 untuk 5 menit panggilan ke semua operator.
Sikap:
Iklan simPATI ini dapat menarik perhatian konsumen dengan fitur-fitur yang
ditawarkan sehingga membuat para konsumen ingin mencoba provider tersebut.
Tindakan:
Pada akhirnya, konsumen pun membeli dan merekomendasikan provider ini kepada
orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar